Minggu, 14 Juli 2013

>> PROMKES - MEDIA PROMOSI KESEHATAN

Pengertiannyaa dulu deh .. :)
Media atau alat peraga dalam promosi kesehatan dapat diartikan sebagai alat bantu untuk promosi kesehatan yang dapat dilihat, didengar, diraba, dirasa atau dicium, untuk memperlancar komunikasi dan penyebarluasan informasi (www.pamsimas.org, 2009)
Media promosi kesehatan adalah semua sarana atau upaya untuk menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator, baik itu melalui media cetak, elektronik (TV, radio, komputer, dll) dan media luar ruang, sehingga sasaran dapat meningkat pengetahuannya yang akhirnya diharapkan dapat berubah perilakunya kearah positif terhadap kesehatannya (DEPKES RI, 2006)
Adapun tujuan media promosi kesehatan diantaranya (Notoatmodjo, 2005):
  1. Media dapat mempermudah penyampaian informasi.
  2. Media dapat menghindari kesalahan persepsi.
  3. Dapat memperjelas informasi
  4. d. Media dapat mempermudah pengertian.
  5. Mengurangi komunikasi yang verbalistik
  6. Dapat menampilkan obyek yang tidak bisa ditangkap dengan mata.
  7. Memperlancar komunikasi.
B. Jenis Media Promosi Kesehatan
B.1 Berdasarkan bentuk umum penggunaan (Notoatmodjo, 2005)
Bahan bacaan: Modul, buku rujukan/bacaan, folder, leaflet, majalah, buletin, dan sebagainya.
Bahan peragaan: Poster tunggal, poster seri, plipchart, tranparan, slide, film, dan seterusnya.
B.2 Berdasarkan cara produksinya, media promosi kesehatan dikelompokkan menjadi:
  • Media cetak, yaitu suatu media statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media cetak pada umumnya terdiri dari gambaran sejumlah kata, gambar atau foto dalam tata warna. Fungsi utama media cetak ini adalah memberi informasi dan menghibur.                                                         Adapun macam-macamnya adalah poster, leaflet, brosur, majalah, surat kabar, lembar balik, sticker, dan pamflet.                                                                                                                               Kelebihan media cetak diantaranya: Tahan lama, Mencakup banyak orang, Biaya tidak tinggi, Tidak perlu listrik, Dapat dibawa ke mana-mana, Dapat mengungkit rasa keindahan, Meningkatkan gairah belajar,                                                                                                                                    Kelemahan media cetak yaitu: Media ini tidak dapat menstimulir efek suara dan efek gerak, dan Mudah terlipat (Notoatmodjo, 2005)
  • Media elektronika yaitu suatu media bergerak dan dinamis, dapat dilihat dan didengar dalam menyampaikan pesannya melalui alat bantu elektronika.                                                                 Adapun macam-macam media tersebut adalah TV, radio, film, video film, cassete, CD, VCD.             Kelebihan media elektronika diantaranya: Sudah dikenal masyarakat, Mengikutsertakan semua panca indra, Lebih mudah dipahami, Lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak, Bertatap muka, Penyajian dapat dikendalikan, Jangkauan relatif lebih besar, Sebagai alat diskusi dan dapat diulang-ulang.                                                                                                                                         Kelemahan media elektronika diantaranya: Biaya lebih tinggi, Sedikit rumit, Perlu listrik, Perlu alat canggih untuk produksinya, Perlu persiapan matang, Peralatan selalu berkembang dan berubah. Perlu keterampilan penyimpanan, Perlu terampil dalam pengoperasian (Notoatmodjo, 2005).
  • Media luar ruang yaitu media yang menyampaikan pesannya di luar ruang secara umum melalui media cetak dan elektronika secara statis, misalnya: Papan reklame yaitu poster dalam ukuran besar yang dapat dilihat secara umum di perjalanan, spanduk yaitu suatu pesan dalam bentuk tulisan dan disertai gambar yang dibuat di atas secarik kain dengan ukuran tergantung kebutuhan dan dipasang di suatu tempat yang strategi agar dapat dilihat oleh semua orang, pameran, banner dan TV layar lebar (DEPKES RI, 2006).                                                                                                           Kelebihan media luar ruang diantaranya: Sebagai informasi umum dan hiburan, Mengikutsertakan semua panca indra, Lebih mudah dipahami, Lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak, Bertatap muka, Penyajian dapat dikendalikan, Jangkauan relatif lebih besar, Dapat menjadi tempat bertanya lebih detail, Dapat menggunakan semua panca indra secara langsung, dan lain-lain.             Kelemahan media luar ruang diantaranya: Biaya lebih tinggi, Sedikit rumit, Ada yang memerlukan listrik, Ada yang memerlukan alat canggih untuk produksinya, Perlu persiapan matang, Peralatan selalu berkembang dan berubah, Perlu keterampilan penyimpanan, Perlu keterampil dalam pengoperasian (DEPKES RI, 2006).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar